E-Learning menjadi solusi pembelajaran daring siswa SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta saat masih berlanjutnya masa Pandemi Covid-19

SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta sebagai SMK favorit di kota Yogyakarta terus berikhtiar memberikan pelayanan pendidikan yang prima kepada seluruh peserta didik. Termasuk di tahun pelajaran 2021/2022 yang masih berlanjutnya pandemi Covid-19 maka kegiatan belajar mengajar di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta dilakukan secara daring berbasis E-learning. Hal ini dilakukan mengingat pemberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat(PPKM), sehingga tidak memungkinkan peserta didik untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah.

Platform E-Learning yang dibangun oleh SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta sangat mudah dipakai dan dimanfaatkan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran daring dari rumah masing-masing atau memungkinkan pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja selama terhubung dengan internet. Peserta didik dapat mengakses materi pembelajaran yang telah disediakan oleh masing-masing guru pengampu mata pelajaran sesuai dengan jadwal yang berlaku. Selama pembelajaran berlangsung, guru dapat melihat aktivitas peserta didik sehingga memudahkan untuk memantau perkembangan belajar peserta didiknya.

Satu hal yang cukup berbeda adalah sebelum siswa belajar E-Learning sesuai jadwal yang telah ditentukan, setiap pagi melaksanakan sholat dhuha dan tadarus bersama melalui zoom meeting. Program ini dilakukan untuk membudayakan dan membentuk karakter Islami bagi siswa SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Juga untuk mempersiapkan kondisi spiritual siswa sehingga siap mengikuti pembelajaran melalui E-Learning.

Metode pembelajaran E-leraning sebagai solusi saat masih berlanjutnya pandemi memungkinkan siswa belajar secara mandiri, berdiskusi secara kelompok, dan berinteraksi dengan guru saat sesi zoom meeting yang terjadwal dari sekolah. Tidak hanya peserta didik yang dituntut untuk belajar secara aktif, tetapi guru juga dituntut untuk lebih kreatif dalam menyajikan materi yang disampaikan kepada peserta didik, dengan harapan siswa dapat memahami materi yang diajarkan. Selama pembelajaran berlangsung, guru dapat memantau aktivitas peserta didik sehingga memudahkan  dalam memantau perkembangan belajarnya. Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya kepada guru tentang materi yang sukar dipahami. Materi yang diajarkan melalui E-lerning direspon berdasarkan tingkat pemahaman yang berbeda, tergantung kepada kemampuan peserta didik. Beberapa peserta didik dapat memahami materi pelajaran hanya dengan membaca, bahkan ada juga yang membutuhkan penjelasan langsung dari orang lain.

suasana belajar melalui E-learning

Pembelajaran berbasis E-lerning diharap dapat menjadi solusi untuk kegiatan belajar mengajar selama pandemi untuk meminimalisir penyebaran covid-19. Selain itu, pembelajaran secara daring ini mempermudah para orang tua untuk memonitaring anak-anaknya dalam belajar, serta peran orang tua sangat penting dalam membimbing anak-anaknya selama pembelajaran jarak jauh ini dilakukan. Situasi saat ini akan sedikit merubah kebiasaan peserta didik dalam belajar, namun kita harus dapat menyesuaikan diri dengan situasi yang terjadi, termasuk menyesuaikan sistem pembelajaran di masa pandemi ini.

Akhirnya kami ucapkan selamat dan semangat belajar untuk seluruh siswa SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta melalui e-Learning. Tetap raih prestasi yang tinggi untuk menggapai kesuksesan di masa depan bersama SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta

Tinggalkan Balasan