PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN MUTU

Uraian dari  delapan prinsip manajemen mutu tersebut  sebagai berikut :

  1. PUSAT PERHATIAN PADA PELANGGAN ( CUSTOMER FOCUS)

Organisasi bergantung pada pelanggannya dan oleh sebab itu hendaknya memahami kebutuhan saat ini dan masa yang akan datang dari pelangganya, dan selalu berusaha untuk dapat melampaui harapan pelanggan.

  1. KEPEMIMPINAN ( LEADERSHIP)

Pemimpin menetapkan kesatuan tujuan dan arah organisasi. Mereka hendaknya menciptakan dan memelihara lingkungan internal tempat orang dapat melibatkan dirinya secara penuh dalam pencapaian tujuan organisasi.

  1. PELIBATAN ORANG ( INVOLVEMENT OF PEOPLE)

Orang pada semua tingkatan adalah inti sebuah organisasi dan pelibatan penuh mereka memungkinkan kemampuannya dipakai untuk kemanfaatan organisasi.

  1. PENDEKATAN PROSES ( PROCESS APPROACH)

Hasil yang dikehendaki tercapai lebih effisien bila kegiatan dan sumber daya terkait dikelola sebagai suatu proses.

  1. PENDEKATAN SISTEM PADA MANAJEMEN ( SISTEM APPROACH TO MANAGEMENT)

Mengetahui, memahami dan mengelola proses yang saling terkait sebagai sistem memberi sumbangan pada keefektifan dan effisiensi organisasi dalam mencapai tujuaanya.

  1. PERBAIKAN BERLANJUT ( CONTINUAL IMPROVEMENT)

Perbaikan berlanjut organisasi secara menyeluruh hendaknya dijadikan tujuan tetap  dari organisasi.

  1. PENDEKATAN FAKTA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN ( FACTUAL APPROACH TO DECICION MAKING)

Keputusan yang effektif didasarkan pada analisis data dan informasi.

  1. HUBUNGAN PEMASOK YANG SALING MENGUNTUNGKAN (MUTUALLY BENEFICIAL SUPPLIER RELATIONSHIPS)

Sebuah organisasi dan pemasoknya saling bergantung dan suatu hubungan yang saling menguntungkan untuk  meningkatkan kemampuan keduanya dalam menciptakan nilai.