PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN MUTU
Uraian dari delapan prinsip manajemen mutu tersebut sebagai berikut :
- PUSAT PERHATIAN PADA PELANGGAN ( CUSTOMER FOCUS)
Organisasi bergantung pada pelanggannya dan oleh sebab itu hendaknya memahami kebutuhan saat ini dan masa yang akan datang dari pelangganya, dan selalu berusaha untuk dapat melampaui harapan pelanggan.
- KEPEMIMPINAN ( LEADERSHIP)
Pemimpin menetapkan kesatuan tujuan dan arah organisasi. Mereka hendaknya menciptakan dan memelihara lingkungan internal tempat orang dapat melibatkan dirinya secara penuh dalam pencapaian tujuan organisasi.
- PELIBATAN ORANG ( INVOLVEMENT OF PEOPLE)
Orang pada semua tingkatan adalah inti sebuah organisasi dan pelibatan penuh mereka memungkinkan kemampuannya dipakai untuk kemanfaatan organisasi.
- PENDEKATAN PROSES ( PROCESS APPROACH)
Hasil yang dikehendaki tercapai lebih effisien bila kegiatan dan sumber daya terkait dikelola sebagai suatu proses.
- PENDEKATAN SISTEM PADA MANAJEMEN ( SISTEM APPROACH TO MANAGEMENT)
Mengetahui, memahami dan mengelola proses yang saling terkait sebagai sistem memberi sumbangan pada keefektifan dan effisiensi organisasi dalam mencapai tujuaanya.
- PERBAIKAN BERLANJUT ( CONTINUAL IMPROVEMENT)
Perbaikan berlanjut organisasi secara menyeluruh hendaknya dijadikan tujuan tetap dari organisasi.
- PENDEKATAN FAKTA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN ( FACTUAL APPROACH TO DECICION MAKING)
Keputusan yang effektif didasarkan pada analisis data dan informasi.
- HUBUNGAN PEMASOK YANG SALING MENGUNTUNGKAN (MUTUALLY BENEFICIAL SUPPLIER RELATIONSHIPS)
Sebuah organisasi dan pemasoknya saling bergantung dan suatu hubungan yang saling menguntungkan untuk meningkatkan kemampuan keduanya dalam menciptakan nilai.